Pages

Daftar Blog Saya

Rabu, 01 Juni 2011

OPEN YOUR EYES! Stop Human Traficking......


Kemarin malam , saya melihat video klip dari Click 5 yang berjudul Don’t Let Me Go. Lagu tersebut konon menjadi original soundtrack untuk MTV EXIT ,yang merupakan usaha untuk memerangi perdagangan manusia.
Video klip itu benar-benar membuka mata saya . Membuat saya berpikir betapa  masih banyak nya kasus human trafficking yang terjadi terutama di Indonesia. Banyak orang tua yang kehilangan anaknya , banyak orang terpisah jauh dengan keluarganya hanya untuk sejumlah uang.
Human Trafficking atau perdagangan manusia dapat menimpa siapa saja. Tua muda ,Dewasa anak kecil, bisa menjadi korban perdagangan manusia .
Himpitan ekonomi, dan kurangnya lapangan pekerjaan di Indonesia adalah salah satu penyebab permasalah ini. Banyak orang yang nekat jauh-jauh pergi meninggalkan Indonesia demi mendapat pekerjaan . Orang-orang tersebut dimanfaatkan  oleh pihak-pihak  yang tidak bertanggungjawab dengan diiming-imingi gaji besar dinegeri luar,
Orang-orang tersebut pergi ke luar negri tanpa bekal ilmu maupun pengalaman . Mereka bahkan tidak mngetahui apa yang telah menunggu mereka disana . Hanya bermodal nekat dan keterpaksaan,mereka pun berangkat.
Kurangnya kemampuan bahasa ,ilmu dan pengalaman ,  bukan campuran yang tepat untuk bekerja di luar negri. Sesampainya disana ,mereka hanya menjadi komoditas untuk diperjual belikan . Tanpa kemampuan bahasa yang baik, tanpa adanya keahlian lain dan kenalan disana ,membuat mereka harus memilih satu dari  3 pilihan: pembantu rumah tangga , pelacur, atau mati kelaparan di tanah asing.
Hal inilah yang paling sering terjadi pada korban perdagangan bebas. Bayangkan bagaimana jika kita menjadi salah satu korbannya. Bagaimana jika salah satu keluarga kita ,kerabat kita menjadi korban perdagangan manusia ,dengan kemungkinan tidak dapat bertemu dengan mereka sama sekali. Bayangkan bagaimana perasaan mereka yang tersesat di luar tanpa akses keluar dari tanah itu.
Itulah yang terjadi jika kita tetap membiarkan hal ini. Kita harus berhenti menutup mata atas apa yang terjadi . Kita harus menghentikan nya ! Mulai lah dengan saling menjaga.
Selalu jaga orang terdekat kalian…
Sebarkan cinta dan damai
Dimulai dari sekitar kalian……..


nb : inilah video klip yang mempengaruhi saya membuat tulisan ini  http://www.youtube.com/watch?v=_08BBIGkwA8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar